Syarat & Ketentuan Lomba Festival Pesona Lokal

Pendaftaran Karnaval Budaya

  • Lomba ini terbuka untuk umum
  • Kategori peserta terdiri dari :
    a. Pelajar (SMA/SMK/Sederajat),
    b. Mahasiswa/i (Universitas/Sederajat) dan Umum (Lembaga/Komunitas/Perorangan)
  • Peserta merupakan TIM yang beranggotakan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang.
  • Masing – masing tim wajib menunjuk 1 (satu) orang koordinator.
  • Koodinator tim bertanggung jawab untuk mewakili timnya :
    a. Pendaftaran
    b. Technical Meeting
    c. Daftar Ulang
    d. Pengaturan Kelompok di hari acara
  • Koordinator tim wajib menginformasikan seluruh informasi terkait lomba Karnaval Budaya kepada peserta di kelompoknya.
  • Konsep kreatif Karnaval Budaya adalah sebuah tampilan secara keseluruhan yang selaras membawakan perpaduan konsep antara busana/kostum, properti dan koreografi (bila ada) dengan menampilkan unsur budaya Indonesia.
  • Calon peserta juga dapat membawa kendaraan hias jenis mobil dan sejenisnya.
  • Konsep kreatif Karnaval Budaya tidak boleh mengandung unsur SARA, pornoaksi dan politik.
  • Konsep kreatif Karnaval Budaya harus original dan bukan merupakan plagiat/duplikasi dari konsep yang sudah pernah ada.
  • Pendaftaran dapat dilakukan via microsite http://bit.ly/festivalpesonalokal
  • Peserta diwakili oleh koordinator tim wajib memberikan data detail seluruh peserta berupa :
    a. Nama
    b. Tanggal lahir
    c. No Identitas (KTP/SIM)
    d. No Handphone
    e. Alamat Email

Pembayaran Karnaval Budaya
  • Biaya Pendaftaran :
    a. Pelajar Rp. 10.000,- / orang
    b. Mahasiswa & Umum Rp. 20.000,- / orang
    *) setiap peserta sudah dilindungi asuransi kecelakaan diri dari Adira Insurance
  • Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan setelah ada konfirmasi dari panitia yang menghubungi.
  • Bukti transfer wajib dikirimkan kepada panitia. Hal ini bertujuan untuk konfirmasi.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer :
    a. BCA Virtual Account 07788123456789
    b. a/n FES PESONA LOKAL

Event Karnaval Budaya
  • Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan Technical Meeting sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia.
  • Setiap peserta wajib melakukan daftar ulang untuk mendapatkan :
    a. Nomor dada untuk dipakai oleh koordinator tim atau anggota yang berada di barisan paling depan
    b. Nomor doorprize untuk semua anggota tim
    c. Paket snack & minuman untuk semua anggota tim
  • Peserta wajib hadir selambat – lambatnya 60 menit sebelum lomba dimulai.
  • Peserta diperkenankan melakukan yel-yel dengan durasi 30 detik saat akan start dan koreografi gerakan (dalam keadaan berjalan disepanjang rute) dengan catatan tidak mengganggu peserta lain serta materi yang disampaikan tidak mengandung unsur SARA, Pornoaksi dan Politik.
  • Setiap peserta wajib melewati dan menyelesaikan rute yang telah ditentukan oleh panitia dari start sampai finish.
  • Apabila peserta tidak melakukan finish atau tidak melewati rute yang telah ditentukan maka akan didiskualifikasi.
  • Peserta wajib mengikuti arahan panitia di sepanjang rute.
  • Jumlah peserta dalam 1 (satu) tim wajib sesuai pada saat start dan finish. Kecuali dalam kondisi Force Majeure.
  • Peserta dilarang membuat keributan dan atau melakukan tindakan provokasi.
  • Peserta yang dengan sengaja membuat keributan/provokasi akan dikenakan sanksi diskualifikasi.
  • Peserta tidak diperkenankan mendahului peserta lain dengan cara menerobos barisan di depannya.
  • Pelatih/Pembina/Simpatisan dilarang ikut berjalan bersama peserta dalam barisan
  • Peserta dilarang membawa benda – benda/props yang membahayakan diri sendiri/orang lain seperti senjata tajam, senjata api, obat – obatan terlarang maupun binatang.
  • Kendaraan hias wajib berukuran maksimal (Panjang 3,5 M x Lebar 3 M dan Tinggi : 3 M).
  • Panitia dan Juri berhak mendiskualifikasi tim, apabila tim tersebut dianggap telah melanggar peraturan yang tidak sesuai dengan peraturan lomba.
  • Penilaian dilakukan oleh juri.
  • Kriteria penilaian :
    a. Penampilan keseluruhan
    b. Ide originalitas & kreativitas
    c. Keunikan & keindahan
    d. Keselarasan dan harmonisasi dalam 1 tim
    e. Tidak mengandung unsur SARA, Pornoaksi & Politik
  • Penentuan juara berdasarkan akumulasi nilai seluruh Dewan juri menurut nilai tertinggi.
  • Hadiah juara :
    a. Kategori Pelajar SMA/SMK/Sederajat
    • Juara I Rp 7.000.000,-
    • Juara II Rp 5.000.000,-
    • Juara III Rp 3.000.000,-
    b. Kategori Mahasiswa & Umum
    • Juara I Rp. 15.000.000,-
    • Juara II Rp. 10.000.000,-
    • Juara III Rp. 6.000.000,-
    c. Kategori Mahasiswa & Umum ( Khusus Kota Jakarta )
    • Juara I Rp. 20.000.000,-
    • Juara II Rp. 10.000.000,-
    • Juara III Rp. 7.000.000,-
  • Keputusan dewan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Penjelasan dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui :
    a. Link : http://bit.ly/festivalpesonalokal
    b. Nomor Whatsapp : 0838 9764 6898 Senin – Jumat, Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Pendaftaran Lomba Mural

  • Lomba ini terbuka untuk umum.
  • Peserta merupakan tim yang beranggotakan maksimal 3 orang.
  • Masing – masing tim wajib menunjuk 1 (satu) orang koordinator.
  • Koodinator tim bertanggung jawab untuk mewakili timnya :
    a. Pendaftaran
    b. Technical Meeting
    c. Daftar Ulang
    d. Pengaturan Kelompok di hari acara
  • Koordinator tim wajib menginformasikan seluruh informasi terkait Lomba Mural kepada peserta di kelompoknya.
  • Pendaftaran dapat dilakukan via microsite http://bit.ly/festivalpesonalokal
  • Tema Mural : “Pesona Kotaku”
  • Calon peserta wajib mengirimkan konsep mural (sketsa/foto) dalam format file JPG/PNG/PDF dengan kapasitas file maksimal 2MB saat melakukan pendaftaran melalui microsite.
  • Konsep mural harus original dan bukan merupakan plagiat/duplikasi dari konsep yang sudah pernah ada
  • Peserta yang telah mendaftar akan dihubungi oleh panitia apabila karyanya terpilih.
  • Bagi peserta yang terpilih dan sudah dihubungi oleh panitia dapat melakukan pembayaran.
  • Peserta diwakili oleh koordinator tim wajib memberikan data detail seluruh peserta berupa :
    a. Nama
    b. Tanggal lahir
    c. No Identitas (KTP/SIM)
    d. No Handphone
    e. Alamat Email

Pembayaran Lomba Mural
  • Biaya Pendaftaran Rp. 100.000,- / tim
    *) setiap peserta sudah dilindungi asuransi kecelakaan diri dari Adira Insurance
  • Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan setelah panitia menghubungi bahwa karya yang diajukan terpilih.
  • Bukti transfer wajib dikirimkan kepada panitia. Hal ini bertujuan untuk konfirmasi.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer :
    a. BCA Virtual Account 07788123456789
    b. a/n FES PESONA LOKAL

Event Lomba Mural
  • Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan Technical Meeting sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia.
  • Peserta wajib hadir selambat – lambatnya 60 menit sebelum kompetisi dimulai.
  • Peserta diperbolehkan membawa peralatan tambahan (contoh: alat garis bantu, dll)
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan stencil /cetakan pada saat perlombaan
  • Seluruh bahan baku seperti cat dan sejenisnya disiapkan oleh peserta
  • Panitia menyiapkan media gambar berupa :
    a. Multiplex atau multiboard
    b. Ukuran 2,4 x 2,4 meter
  • Peserta wajib mengerjakan dalam durasi waktu yang telah disediakan, yaitu maks. 3 jam.
  • Panitia dan Juri berhak mendiskualifikasi tim, apabila peserta tersebut dianggap telah melanggar peraturan yang tidak sesuai dengan peraturan kompetisi
  • Penilaian dilakukan oleh juri.
  • Kiteria penilaian
    a. Kesesuaian dengan tema & Sketsa
    b. Kreativitas & Orisinalitas karya
    c. Makna & Pesan dalam gambar
    d. Teknik & Tingkat kesulitan gambar
  • Penentuan juara berdasarkan akumulasi nilai seluruh Dewan juri menurut nilai tertinggi.
  • Hadiah juara :
    • Juara I Rp. 10.000.000,-
    • Juara II Rp. 7.000.000,-
    • Juara III Rp. 5.000.000,-
  • Keputusan dewan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Penjelasan dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui :
    a. Link : http://bit.ly/festivalpesonalokal
    b. Nomor Whatsapp : 0838 9764 6898 Senin – Jumat, Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Pendaftaran Kreasi Masakan Daerah

  • Lomba ini terbuka untuk umum.
  • Peserta merupakan tim yang beranggotakan maksimal 3 orang
  • Masing – masing tim wajib menunjuk 1 (satu) orang koordinator.
  • Koodinator tim bertanggung jawab untuk mewakili timnya :
    a. Pendaftaran
    b. Technical Meeting
    c. Daftar Ulang
    d. Pengaturan Kelompok di hari acara
  • Koordinator tim wajib menginformasikan seluruh informasi terkait lomba Kreasi Masakan Daerah kepada peserta di kelompoknya.
  • Pendaftaran dapat dilakukan via microsite http://bit.ly/festivalpesonalokal.
  • Menu kreasi masakan daerah :
    a. Bandung : Seblak
    b. Solo Raya : Tengkleng
    c. Bali : Tipat Blayag
    d. Malang : Cwie Mie
    e. Makassar : Kapurung
    f. Pontianak : Mie Tiaw
    g. Medan : Ikan Arsik
    h. Palembang : Pindang
    i. Jakarta : Nasi Ulam Semur Jengkol
  • Peserta yang telah mendaftar akan dihubungi oleh panitia apabila deskripsi keunikan Kreasi Masakan terpilih.
  • Bagi peserta yang terpilih dan sudah dihubungi oleh panitia dapat melakukan pembayaran.
  • Peserta diwakili oleh koordinator tim wajib memberikan data detail seluruh peserta berupa :
    a. Nama
    b. Tanggal lahir
    c. No Identitas (KTP/SIM)
    d. No Handphone
    e. Alamat Email

Pembayaran Kreasi Masakan Daerah
  • Biaya Pendaftaran Rp. 100.000,- / tim
    *) setiap peserta sudah dilindungi asuransi kecelakaan diri dari Adira Insurance
  • Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan setelah panitia menghubungi bahwa deskripsi keunikan kreasi masakan yang diajukan terpilih.
  • Bukti transfer wajib dikirimkan kepada panitia. Hal ini bertujuan untuk konfirmasi
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer :
    a. BCA Virtual Account 07788123456789
    b. a/n FES PESONA LOKAL

Event Kreasi Masakan Daerah
  • Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan Technical Meeting sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia.
  • Peserta wajib hadir selambat – lambatnya 60 menit sebelum lomba dimulai.
  • Peserta lomba adalah tim pilihan yang lolos dalam tahap seleksi pengumpulan deskripsi kreasi masakan daerah sesuai menu utama yang ditentukan.
  • Seluruh bahan baku / alat masakan dipersiapkan oleh tim peserta.
  • Panitia hanya menyiapkan kompor dan gas.
  • Seluruh bahan masakan sifatnya dapat langsung digunakan, contoh : bumbu sudah dihaluskan dan siap digunakan
  • Panitia dan Juri berhak mendiskualifikasi tim, apabila peserta tersebut dianggap telah melanggar peraturan yang tidak sesuai dengan peraturan lomba
  • Penilaian dilakukan oleh juri.
  • Kriteria penilaian
    a. Kesesuaian dengan tema masakan
    b. Cita rasa
    c. Kreatifitas penyajian & Kebersihan
    d. Teknik memasak & Ketepatan waktu
  • Penentuan juara berdasarkan akumulasi nilai seluruh Dewan juri menurut nilai tertinggi.
  • Hadiah juara :
    • Juara I Rp. 7.000.000,-
    • Juara II Rp. 5.000.000,-
    • Juara III Rp. 3.000.000,-
  • Keputusan dewan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Penjelasan dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui :
    a. Link : http://bit.ly/festivalpesonalokal
    b. Nomor Whatsapp : 0838 9764 6898 Senin – Jumat, Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Pendaftaran UMKM

  • Peserta merupakan usaha mikro kecil dan menengah
  • Aktif melakukan usaha dan bergerak di sektor makanan, minuman, dan produk kerajinan (craft)
  • Peserta merupakan tim yang beranggotakan maksimal 3 orang
  • Masing – masing tim wajib menunjuk 1 (satu) orang koordinator.
  • Koodinator tim bertanggung jawab untuk mewakili timnya :
    a. Pendaftaran
    b. Technical Meeting
    c. Daftar Ulang
    d. Pengaturan Kelompok di hari acara
  • Koordinator tim wajib menginformasikan seluruh informasi terkait lomba UMKM kepada peserta di kelompoknya.
  • Pendaftaran dapat dilakukan via microsite http://bit.ly/festivalpesonalokal
  • Peserta wajib mengirimkan foto makanan/minuman/produk usaha dalam format file JPG/PNG/PDF dengan kapasitas file maksimal 2MB saat melakukan pendaftaran melalui microsite.
  • Peserta yang telah mendaftar akan dihubungi oleh panitia apabila produk makanan/minuman/produk kerajinan (craft) terpilih.
  • Bagi peserta yang terpilih dan sudah dihubungi oleh panitia dapat melakukan pembayaran.

Pembayaran UMKM
  • Biaya Pendaftaran Rp. 100.000,- / booth
  • Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan setelah panitia menghubungi bahwa produk makanan/minuman/produk kerajinan (craft) terpilih.
  • Bukti transfer wajib dikirimkan kepada panitia. Hal ini bertujuan untuk konfirmasi.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer :
    a. BCA Virtual Account 07788123456789
    b. a/n FES PESONA LOKAL

Event UMKM
  • Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan Technical Meeting sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia.
  • Peserta wajib hadir selambat – lambatnya 60 menit sebelum lomba dimulai.
  • Peserta wajib menjual produk usaha yang telah dikirim sebelumnya saat perlombaan
  • Panitia dan Juri berhak mendiskualifikasi tim, apabila peserta tersebut dianggap telah melanggar peraturan yang tidak sesuai dengan peraturan lomba
  • Penilaian dilakukan oleh juri.
  • Kriteria penilaian
    a. Spesifikasi produk (Desain Kemasan dan Kualitas)
    b. Inovasi yang dilakukan
    c. Strategi pemasaran
    d. Pelayanan Konsumen
  • Penentuan juara berdasarkan akumulasi nilai seluruh Dewan juri menurut nilai tertinggi.
  • Hadiah juara :
    • Juara I Rp. 10.000.000,-
    • Juara II Rp. 7.000.000,-
    • Juara III Rp. 5.000.000,-
  • Keputusan dewan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Penjelasan dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui :
    a. Link : http://bit.ly/festivalpesonalokal
    b. Nomor Whatsapp : 0838 9764 6898 Senin – Jumat, Pukul 09.00 – 17.00 WIB